4 Tips Mengeluarkan Dahak Saat Bayi Mengalami Batuk dan Pilek

Kondisi cuaca buruk atau debu yang berlebihan bisa membuat bayi sakit. Cukup sering batuk anak berpengalaman dan dingin sehingga bernapas terganggu. Dahak atau lendir bersarang di hidung dan tenggorokan adalah rasanya benar-benar tidak nyaman sehingga bayi rewel. Berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Anda bisa menggunakan uap air panas dan minyak kayu putih

Cara paling sederhana untuk membantu dahak bayi adalah dengan menggunakan uap air panas dan minyak kayu putih. Menyediakan baskom air panas, kemudian dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Arahkan uap ke wajah bayi. Uap air hangat akan membantu mengencerkan lendir.

4 Tips Mengeluarkan Dahak Saat Bayi Mengalami Batuk dan Pilek
4 Tips Mengeluarkan Dahak Saat Bayi Mengalami Batuk dan Pilek

Selain itu, uap air panas juga dapat membuka jalan napas di hidung tersumbat. Catatan cekungan jarak dengan wajah bayi, ya. Jangan terlalu dekat karena air panas dapat membuat sakit kulit.

2. Cobalah untuk lembut menepuk punggung bayi

tips lain Anda dapat mencoba di rumah ibu adalah untuk menepuk punggung bayi dengan lembut. Pertama-tama, membawa bayi dengan posisi tengkurap. Tekan kiri dan kanan kembali dengan lembut dan perlahan. Kemudian, letakkan bayi di sisinya, kiri atau kanan.

Kemudian, tekan sisi dada bayi. Biasanya, bayi akan muntah dahak di dalam tubuhnya setelah ditepuk. Jika Anda ingin melakukan metode ini, dia harus melakukannya sebelum anak untuk minum susu, ya. Jika dilakukan setelah minum susu, bayi bisa tersedak bahkan muntah.

3. Lembapkan hidung bayi dengan humidifier terlebih dulu

Kondisi itu hidung lembab dapat membuat menjadi sputum berair. Anda bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembaban hidung bayi Anda. Jika perlu, ibu bisa menumpahkan minyak esensial khusus untuk batuk bayi dan dingin. Menthol dan minyak pinus umumnya efektif untuk meredakan hidung atau tenggorokan penuh dahak.

Ibu dapat menginstal humidifier sebelum atau saat bayi sedang tidur. Dengan begitu, ketika bayi terbangun dahak telah disiram dan tidak akan menghambat saluran pernapasannya. bayi tidur sangat nyenyak.

4. Ibu menggunakan lendir tabung hisap

Lendir di hidung bayi tidak harus dihapus dengan sedot lemak saja cara Anda menggunakan mulut Anda, ya, Bu. Dengan cara ini berisiko membuat pileknya tidak sembuh, karena bakteri di mulut Anda bisa masuk ke hidung bayi. Bahkan, Anda juga bisa terinfeksi bakteri atau virus di lendir.

Pompa lendir tabung hisap atau dahak angin untuk berbentuk seperti bola lampu. Hal ini diyakini sebuah dahak alat menghapus kuat di tenggorokan dan hidung bayi. Ada dua cara untuk menggunakannya. Pertama, dengan menekan alat kemudian disemprotkan ke dalam hidung. Tunggu sebentar, maka tekanan dari dahak atau lendir yang bisa dihirup.

Cara kedua, dengan menekan terus menerus sehingga angin bisa memetik dan dahak keluar. Jangan berlebihan karena bayi dapat terluka.

Leave a Reply