5 Cara Merawat Mata Bayi Agar Tetap Sehat

Untuk ibu baru mungkin akan terkejut, bahkan khawatir, ketika kita melihat kotoran atau belek di sudut mata bayi. Apalagi jika muncul terus menerus selama hari, Berikut di bawah ini adalah bagaimana memperlakukan mata pada bayi:

1. Lakukan pijatan pada daerah dekat mata

Menurut IDAI, survei yang dilakukan oleh para ahli di mata dunia menunjukkan sekitar 64% teknik pijatan ringan dilakukan sebagai pengobatan awal untuk kasus dengan obstruksi duktus nasolakrimalis atau belekan untuk pasien berusia 1 tahun. pijat lembut ini dilakukan di sudut mata ke dasar hidung anak.

5 Cara Merawat Mata Bayi Agar Tetap Sehat
5 Cara Merawat Mata Bayi Agar Tetap Sehat

Tapi ingat, sebelum pijat, mencuci tangan ibu pertama. Pijat biasanya dilakukan dengan menggerakkan jari Anda dari pangkal hidung bayi (tepi bagian dalam mata) ke sudut bola mata. Dia juga mampu memijat dengak gerakan berputar-putar di daerah. Apakah pijat hidung bayi 2-3 kali sehari. Gunakan jari telunjuk untuk memijat dan melakukannya dengan lembut dan perlahan.

2. Bersihkan mata bayi secara teratur

Siapkan bola kapas atau cotton buds dan cekungan kecil air matang hangat. Cuci tangan ibu, kemudian basah kapas atau cotton buds dengan air hangat, peras kapas yang tidak terlalu banyak mengandung air. Kemudian, bersihkan mata bayi, dari sudut mata bagian dalam ke sudut yang berlawanan secara teratur.

Menggantinya dengan kapas baru bila Anda ingin kembali mengulang proses pembersihan mata bayi. Ulangi sampai mata anak Anda bersih dari Belek atau kotoran.

3. Kompres dengan air hangat

Jika kotoran yang terlihat yang lebih dari normal di mata anak, ibu bisa mengompres mata dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat.

4. Hindari ruangan yang berdebu

Jauhkan anak Anda dari ruang berdebu atau barang yang kurang bersih. Pastikan bahwa semua ruangan kecil atau kamar selalu dibersihkan secara teratur dari debu dan mendapatkan pertukaran udara yang cukup.

5. Jika tak kunjung hilang segera bawa ke dokter

Umumnya, gangguan mata pada bayi akan hilang bila saluran air mata telah terbentuk, yaitu 1-2 minggu setelah lahir. Anda perlu membawa anak Anda untuk diperiksa oleh dokter ketika ia mengalami gejala seperti kemerahan mata, sensitivitas terhadap cahaya, bayi sering menggosok mata mereka, dan pembengkakan yang membuat bayi lebih rewel dan sulit untuk istirahat.