6 Manfaat Luar Biasa dari Daging Burung Puyuh

Puyuh adalah jenis burung seperti ayam dengan ayam tetapi ukurannya lebih kecil. Seperti ayam, burung puyuh juga burung yang tidak bisa terbang. Selama masa ini puyuh sering dibiakkan sebagai burung penghasil telur.

Telur puyuh berukuran mini diketahui memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Namun selain telur yang sangat bergizi, ternyata daging puyuh juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Segera, lihat penjelasan di bawah ini ;

6 Manfaat Luar Biasa dari Daging Burung Puyuh
6 Manfaat Luar Biasa dari Daging Burung Puyuh

1. Baik untuk diet dan jantung

Bagi Anda yang sedang diet, daging burung puyuh bisa menjadi pilihan makanan yang lezat dan sehat. Kandungan lemak yang ditemukan dalam daging puyuh adalah lemak tak jenuh, yang termasuk dalam kelompok lemak baik. Lemak tak jenuh dapat mengontrol kadar kolesterol yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan dapat mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh termasuk gangguan fungsi jantung. Jadi selain tidak membuat gemuk, konsumsi daging puyuh juga membuat jantung Anda lebih sehat.

2. Memperbaiki jaringan tubuh

Daging burung puyuh juga kaya protein. Protein itu sendiri adalah senyawa penting yang dibutuhkan dalam pembentukan berbagai jaringan dalam tubuh, memperkuat kuku, rambut, dan produksi hormon dan enzim dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

Dalam daging puyuh ada juga vitamin E, yang merupakan senyawa kunci dalam dunia kecantikan untuk waktu yang lama. Vitamin E berguna dalam meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi sel kulit, dan menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Hasilnya, dengan konsumsi daging puyuh secara teratur, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih kenyal dan awet muda.

4. Mencegah osteoporosis

Bagi orang dengan usia lanjut, daging puyuh olahan dapat menghambat osteoporosis karena daging puyuh kaya akan fosfor dan kalsium, yang keduanya merupakan senyawa pembentuk tulang. Sehingga konsumsi daging burung puyuh dapat membantu mencegah keropos tulang. Sangat cocok untuk orang tua atau kakek nenek Anda yang masih aktif bergerak!

5. Kaya zat besi yang bisa mengatasi anemia

Bagi Anda yang menderita anemia, konsumsi daging puyuh secara teratur dapat membantu mengatasi anemia. Ini karena daging puyuh mengandung zat besi yang tinggi, yang merupakan salah satu unsur penyusun hemoglobin dalam darah. Dengan memiliki jumlah hemoglobin yang normal, niscaya proses pasokan oksigen dan nutrisi dalam darah akan berjalan normal. Akibatnya Anda bisa terbebas dari perasaan lemah dan sering pusing.

6. Nutrisi yang baik untuk janin

Wanita hamil tentu perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi demi pertumbuhan janin yang cerdas dan sehat. Nah, daging burung puyuh bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk wanita hamil. Ini karena daging puyuh kaya akan senyawa bermanfaat seperti protein, vitamin, mineral, lemak baik, kolin, yang semuanya dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.

Leave a Reply