6 Makanan Fermentasi Sehat yang Baik untuk Pencernaan

Tempe, tahu, dan kecap adalah serangkaian makanan fermentasi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan olahan ini dianggap baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri baik di dalamnya.

Semakin banyak bakteri baik di usus, sistem pencernaan akan semakin lancar. Sayangnya, tidak semua makanan fermentasi baik untuk kesehatan pencernaan.

6 Makanan Fermentasi Sehat yang Baik untuk Pencernaan
6 Makanan Fermentasi Sehat yang Baik untuk Pencernaan

Dalam artikel ini, rangkum enam makanan fermentasi sehat yang baik untuk pencernaan. Apa pun? Inilah ulasannya:

1. Yogurt

Yogurt sering dicari ketika mengalami kesulitan buang air besar. Tidak mengherankan, karena yogurt itu sendiri mengandung miliaran probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, salah satunya meluncurkan gerakan usus.

Tidak hanya mengandung miliran probiotik, yogurt juga mengandung banyak nutrisi penting; seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin B12, dan vitamin B2.

2. Kefir

Kefir dibuat dengan memfermentasi susu dan biji kefir. Biasanya dibuat dari susu sapi atau susu kambing. Sedangkan biji kefir terbuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Dari segi tekstur, kefir mirip dengan yogurt yang bertekstur kental, tetapi rasanya lebih tajam.

Dibandingkan dengan yogurt, kefir sebenarnya mengandung probiotik tiga kali lebih banyak yang dapat membantu memecah laktosa. Karena itu, kandungan gula dalam kefir jauh lebih mudah dicerna oleh tubuh, terutama bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa.

3. Tempe

Siapa yang tidak tahu tempe? Sumber protein nabati yang satu ini memang mudah ditemukan di mana-mana. Selain mudah didapat, makanan fermentasi ini juga kaya akan nutrisi dan probiotik.

Probiotik dalam tempe dapat meningkatkan jumlah bakteri alami di usus. Nah, jika ada banyak probiotik di usus, sistem pencernaan akan lebih lancar dan menghindari sembelit atau susah buang air besar.

4. Miso

Penggemar makanan Jepang pasti tahu tentang miso? Miso adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari kedelai fermentasi. Di Jepang, miso sering diolah menjadi sup yang menjadi andalan di musim dingin.

Tak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan, miso juga diklaim bisa mengurangi risiko kanker payudara pada wanita lho.

5. Acar

Sediaan fermentasi yang biasanya dibuat dari berbagai jenis sayuran juga baik untuk kesehatan pencernaan. Kabarnya ketika sayuran ini difermentasi, probiotik alias bakteri baik dalam cuka dapat membantu memecah gula dan selulosa yang sulit dicerna dalam makanan.

Nah, bakteri baik ini bisa membantu menjaga makanan agar tahan lama dan tentunya menambah jumlah bakteri baik di usus.

6. Kimchi

Makanan fermentasi yang sering muncul dalam drama Korea juga dapat memfasilitasi sistem pencernaan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Food, mengatakan bahwa mengonsumsi kimchi secara teratur dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kolesterol darah.

Meski begitu, Anda juga perlu berhati-hati soal kandungan asam dan pedas dalam makanan sehat ini. Jika Anda tidak kuat dengan rasa asam atau pedas, Anda harus membatasi porsi makanan untuk menjaga kesehatan perut.

Leave a Reply