6 Cara Menggunakan Ketimun untuk Perawatan Kulit Sehat Anda

Tidak hanya mengandung vitamin C, mentimun kaya akan serat dan kadar air 95%. Ini membuat mentimun sebagai tambahan yang bagus untuk bahan DIY untuk melembabkan kulit, dan aman untuk kulit sensitif untuk menghindari iritasi.

Ada begitu banyak manfaat mentimun untuk kulit Anda, termasuk sebagai antioksidan, menyehatkan kulit, mengurangi pembengkakan, dan mendinginkan kulit yang terkena sinar matahari. Jika Anda tertarik untuk menambahkannya ke daftar rutinitas perawatan kulit Anda, berikut adalah 7 cara yang dapat Anda terapkan.

6 Cara Menggunakan Ketimun untuk Perawatan Kulit Sehat Anda
6 Cara Menggunakan Ketimun untuk Perawatan Kulit Sehat Anda

1. Mentimun dingin untuk menghilangkan mata bengkak

Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk sehingga banyak dari kita tidak cukup tidur. Ini akan mempengaruhi penampilan mata, mata akan terlihat bengkak atau memiliki kantong yang merusak penampilan. Namun untungnya mentimun dingin dapat memberikan solusi untuk masalah yang satu ini.

Mentimun tidak hanya membantu mengurangi pembengkakan di daerah mata, mentimun juga dapat menenangkan kulit yang rusak dan membuat mata terlihat lebih segar. Ini karena kandungan vitamin C dan asam apung dalam mentimun. Tapi jangan lupa untuk tetap menggunakan krim mata setelah itu, agar hidrasi menjadi terkunci.

2. DIY mentimun toner untuk kulit yang rusak atau terbakar matahari

Bahkan setelah penggunaan tabir surya atau tabir surya, masih ada bagian kulit kita yang terbakar. Toner buatan sendiri ini dapat membantu kulit yang rusak dan memberikan efek pendinginan yang menenangkan.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Cuci, kupas, dan iris mentimun dan masukkan ke dalam panci berisi air sampai mentimun benar-benar terendam.

Panaskan dengan api kecil selama 5-7 menit, setelah merapikan mentimun menggunakan blender atau food processor hingga halus.

  • Tuangkan mentimun yang telah disaring melalui filter atau kain lembut, peras dan pisahkan mentimun dengan air.
  • Pindahkan air mentimun ke botol semprot atau wadah steril lainnya.
  • Anda juga menambahkan satu sendok teh air mawar untuk memperkuat efek hidrasi dan penyembuhan.

Penting : Jangan pernah menyimpan toner ini selama lebih dari 3 atau 4 hari.

3. Topeng mentimun untuk kulit yang rentan terhadap iritasi dan jerawat

Mentimun juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki kulit yang teriritasi dan rentan. Anda dapat mencampur mentimun dengan tanah liat bentonit, tanah liat bentonit adalah jenis tanah liat alami yang memiliki sifat penyembuhan dan detoksifikasi.

Mencampur keduanya akan menghasilkan masker yang dapat melindungi dari iritasi dan pembengkakan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan mentimun secara langsung, dengan memotongnya tipis-tipis dan meletakkannya di wajah Anda.

4. Cuci muka Anda dengan air mentimun

Mencuci wajah Anda dengan air mentimun dapat menghapus minyak di wajah Anda. Rendam mentimun dalam air dingin selama 1 jam, Anda juga bisa menambahkan campuran seperti lidah buaya atau teh hijau sehingga wajah menjadi lembab.

Mencuci wajah Anda dengan air mentimun sebelum atau sesudah aktivitas di luar ruangan akan memberikan efek yang baik pada kulit. Anda juga dapat membekukan air mentimun dan menggunakannya untuk facial es.

5. Lotion tubuh DIY dari mentimun

Membuat body lotion berbasis mentimun cukup mudah, Anda hanya perlu mencari resep body lotion DIY di internet. Alih-alih menggunakan air biasa, Anda bisa menggantinya dengan air mentimun.

Satu resep DIY yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan gel lidah buaya, vitamin E, santan dan air mentimun untuk membuat lotion alami. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Parut mentimun dengan kasar, lalu peras mentimun untuk mendapatkan air.
  • Tuang ke dalam wadah tertutup lalu tambahkan vitamin E, 1/4 cangkir santan, dan 1/4 cangkir lidah buaya.
  • Kocok wadah sampai semua bahan tercampur. Lalu simpan di kulkas.

6. Berkreasilah dengan berbagai jenis topeng mentimun

Bagi Anda yang tidak memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi, Anda bisa membuat berbagai resep masker mentimun. Karena mentimun terdiri dari 95% air, aman untuk mencampurkannya dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat masker sesuai kebutuhan.

Anda bisa pergi ke dapur untuk mendapatkan bahan-bahan di sana dan mencampurnya dengan mentimun. Salah satunya dengan mencampurkan yogurt, madu, gandum, dan bahan-bahan lainnya. Ini akan menghasilkan topeng wangi yang menyenangkan dan menenangkan.

Leave a Reply