4 Perbedaan di Smartband dan Smartwatch

Berbagai jenis gadget meningkat setiap tahun, mulai dari ponsel pintar, laptop, game konsol hingga jam tangan pintar. Bagi sebagian orang, memiliki salah satu item di atas adalah mimpi karena memiliki karakteristik dan fitur sendiri.

Untuk masalah harga juga bervariasi, ada yang cukup dengan Rp200 ribu hingga jutaan Rupiah tergantung fitur dan merek. Smartband dan smartwatch misalnya, produk ini cukup populer di kalangan milenium karena mereka memiliki fungsi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Tetapi bagi sebagian orang produk ini sering disamakan ketika mereka berbeda. Berikut adalah 4 perbedaan smartband dan smartwatch yang perlu diketahui:

4 Perbedaan di Smartband dan Smartwatch
4 Perbedaan di Smartband dan Smartwatch

1. Fitur smartwatch lebih lengkap daripada smartband

Salah satu perbedaan utama antara smartband dan smartwatch adalah fitur-fiturnya. Smartwatch biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih. Misalnya, produk Samsung Galaxy Watch memungkinkan kita mendengarkan lagu melalui aplikasi Spotify, sementara smartband tidak bisa.

Smartband sendiri sebenarnya memiliki fitur yang cukup mendasar tetapi cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari. Fitur yang ditemukan misalnya pada Xiaomi Mi Band 2 adalah pelacakan kebugaran, alarm hingga pemberitahuan getaran terhubung ke smartphone.

2. Dimensi kedua ukuran berbeda

Selain fitur yang berbeda dari keduanya, ada hal-hal lain yang membuat perbedaan karena ukuran keduanya sangat berbeda. Smartwatch sendiri memiliki ukuran jam tangan konvensional pada umumnya, sedangkan smartband memiliki ukuran yang lebih kecil menyerupai gelang.

3. Harganya juga cukup jauh, bedanya

Kisaran harga di antara mereka juga terpaut sangat jauh, jika smartband berkisar dari Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu untuk output Xiaomi Mi Band, salah satu merek smartwatch terkenal Samsung adalah di kisaran Rp. Sangat jauh, bukan?

Perbedaan harga sangat jauh dimungkinkan karena ada perbedaan fitur yang cukup mencolok sehingga harga tidak bisa berbohong.

4. Smartwatch sepertinya lebih premium daripada smartband

Memiliki jam tangan pintar juga memiliki nilai lebih untuk setiap pemilik, jam tangan pintar cenderung lebih gengsi dan premium daripada gelang pintar. Smartwatch juga didukung oleh bahan berkualitas juga, ini wajar karena harga jam tangan pintar mirip dengan jam tangan terkenal seperti Seiko.

Keduanya sangat membantu kegiatan kita sehari-hari, tetapi semuanya kembali ke kebutuhan kita

Leave a Reply