11 Penyakit dan Kebiasaan Ini Ternyata Menyebabkan Anda Bau Mulut

Ketika Anda menyadari bahwa ada aroma napas yang tidak sedap, langkah pertama yang muncul di benak Anda adalah berkumur atau menyikat gigi. Namun ternyata, ada sejumlah kondisi ketika kedua hal ini tidak cukup karena sumber utamanya ada di bagian tubuh yang lain.

Rongga mulut adalah pintu masuk bagi kuman dan bakteri untuk masuk ke bagian tubuh lainnya. Karena itu, tidak heran berbagai gejala kesehatan juga diperlihatkan di sini. Mulai dari berbagai masalah kesehatan hingga kebiasaan, berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi sumber bau mulut.

11 Penyakit dan Kebiasaan Ini Ternyata Menyebabkan Anda Bau Mulut
11 Penyakit dan Kebiasaan Ini Ternyata Menyebabkan Anda Bau Mulut

1. Pos Tetes Hidung

PND adalah suatu kondisi ketika lendir yang diproduksi oleh mukosa hidung menumpuk di belakang hidung dan tenggorokan. Hal-hal yang dapat mempengaruhi produksi lendir hidung berlebih termasuk suhu dingin, perubahan hormon, udara kering, jenis makanan tertentu, semprotan hidung, dan bahan kimia iritan.

2. batu amandel

Batu amandel atau juga disebut tonsilitis adalah batu putih atau kuning yang menempel di amandel. Batu ini terbentuk dari lendir, sel-sel mati, air liur, atau bahkan makanan yang menyumbat bukaan di amandel. Seiring berjalannya waktu, kotoran akan menumpuk, membentuk batu, sampai mengeras.

3. Asam lambung

Berbagai penyakit lambung seperti asam lambung juga bisa menjadi penyebabnya karena menggerakkan aroma dari lambung ke tenggorokan. Penyakit ini juga tentunya disertai dengan berbagai gejala lain seperti panas dan sensasi terbakar di dada, mual, muntah, dan sebagainya.

4. Radang tenggorokan

Di Indonesia, penyakit ini lebih sering disebut sebagai radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi dengan bakteri Streptococcus. Umumnya, penyakit ini disertai dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat menelan, demam, sakit kepala, dan pembengkakan kelenjar getah bening di daerah leher.

5. Mulut kering

Selain kurangnya hidrasi yang baik, mulut kering juga bisa disebabkan secara alami karena kekurangan air liur. Nah, kekurangan air liur ini menyebabkan bakteri dan sisa makanan menumpuk. Akibatnya, bakteri akan menjadi lebih intens ketika mencoba memecah sisa makanan dan membuat mulut tidak sedap.

6. Biofilm

Biofilm adalah plak yang melapisi gigi dan lidah dan dapat menghasilkan sulfur yang tidak sedap. Untuk menghilangkannya, menyikat gigi dan lidah tidak cukup. Pastikan Anda juga rajin melakukan flossing untuk meminimalkan keberadaan kotoran yang menempel di antara gigi Anda.

7. Sinusitis

Sinus adalah rongga kecil yang saling berhubungan dan di belakang tulang dahi, struktur bagian dalam pipi, kedua sisi hidung, dan di belakang mata. Jika saluran ini tersumbat, bakteri akan berkumpul di dalamnya dan menyebabkan bau mulut.

8. gigi berlubang

Banyak kasus seseorang tidak menyadari bahwa giginya berlubang sampai lubang akhirnya membesar dan cukup parah. Untuk itu, rajin memeriksakan kesehatan gigi setiap enam bulan sekali. Penyebab lubang adalah sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar di sela-sela gigi.

9. Merokok

Khusus untuk perokok berat, bau rokok dari mulut seringkali tidak cukup hanya dengan menyikat gigi. Seolah tidak cukup, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan berbagai gusi menjadi penyakit kardiovaskular.

10. Alkohol

Bahkan jika Anda merasa Anda bukan penikmat minuman beralkohol, jangan terburu-buru untuk merasa aman. Periksa ulang apakah obat kumur pilihan Anda bebas dari alkohol atau tidak. Pada dasarnya, alkohol akan menyebabkan mulut kering, sehingga bau mulut juga menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan begitu saja.

11. Makanan

Jika ini sudah cukup jelas, ya. Beberapa bahan makanan seperti bawang merah memiliki aroma yang cukup tajam dan dapat dengan cepat mengikuti aliran darah. Sebagai bahan untuk segera menetralisir bau ini, makan seledri dan apel bisa menjadi jawabannya.

Leave a Reply